Cara Mengatasi Pesan “cannot connect to pc-name\sqlexpress” SQL Server 2008

Cara Mengatasi Pesan “cannot connect to pc-name\sqlexpress” SQL Server 2008 – Kemarin saya mendapatkan tugas dari dosen, membuat database menggunakan query analyzernya SQL server 2000,nah..berhubung laptop saya OSnya Windows 7 64bit yang gak bisa/susah di’instalin SQL server 2000 akhirnya saya mendownload SQL server 2005 Express Edition, lalu saya instal. Setelah selesai, saya cari query analizernya kok tidak ketemu, yang saya tahu dilaptop saya hanya terinstal configuration tools-nya saja. Lalu, tanpa pikir panjang saya download versi lebih baru lagi yaitu SQL server 2008 r2 yang Management Studio Express dan langsung saya instal tanpa meng-uninstal versi SQL server 2005 yang sudah duluan saya instal. Dan, berhasil!! gak ada pesan sama sekali dan saya bisa mengerjakan tugas saya.

Selang beberapa jam, saya coba lagi untuk melanjutkan tugas saya. Waktu itu saya berpikir laptop saya sudah lumayan banyak isinya, dan karena yang saya pakai SQL server 2008 r2, maka saya uninstal saja SQL server 2005 karena tidak saya pakai. Setelah itu, masalah muncul! selalu ada pesan error “cannot connect to pc-name\sqlexpress”. Ketika saya googling, ada beberapa cara yang sudah saya lakukan. Namun tetap saja pesan error selalu muncul, usaha reinstal juga sudah saya lakukan namun hasilnya nihil. Lalu saya teringat, SQL server 2008 r2 Management Studio Express tadi berjalan lancar ketika ada SQL server 2005 Express Edition. Saya tidak paham hubungannya apa, tapi saya instal lagi SQL server 2005 Express Edition dan TADAAA!!! Berhasil, sekarang koneksi berjalan lancar.

Lalu apa masalahnya? saya mencoba menebak-nebak dengan sedikit observasi. ketika SQL server 2005 saya uninstal, “SQL Server(SQLEXPRESS) service” tidak ada di jendela services.msc, padahal koneksi SQL server 2008 butuh service tersebut running supaya koneksi ke laptop berhasil.

Jadi, ketika anda mendapatkan pesan error “cannot connect to pc-name\sqlexpress” cobalah ikuti langkah saya diatas, atau langkah berikut ini yang saya dapatkan dari hasil googling :
1. Pastikan SQL Server(SQLEXPRESS) service ada dan sudah berjalan. Cara mengetahuinya Start –> All Program –> Accessories –> Run lalu ketik “services.msc” tanpa tanda petik. Akan muncul jendela baru, carilah di jendela sebelah kanan SQL Server(SQLEXPRESS) lalu pastikan services tersebut berjalan (ada beberapa tombol resume, start, stop, pause dan restart services di bagian atas).
2. Pastikan bahwa anda benar dalam menuliskan servername/nama komputer anda ketika mengkoneksikan ke server. Dalam kasus saya, nama komputer saya adalah yusup. Anda bisa ping melalui cmd untuk mengetahui server anda berjalan atau tidak dengan mengetikan ping nama_komputer pada cmd. Atau jika anda tidak tahu nama komputer anda, anda bisa mengganti nama komputer anda dengan (.) contohnya “./SQLEXPRESS” atau dapat juga “localhost/SQLEXPRESS”. 


Yep, begitulah pengalaman saya. Semoga Cara Mengatasi Pesan “cannot connect to pc-name\sqlexpress” SQL Server 2008 ini dapat membantu anda, bermanfaat buat anda. terimakasih banyak …

6 Responses to "Cara Mengatasi Pesan “cannot connect to pc-name\sqlexpress” SQL Server 2008"

  1. Makasih mas, info nya semoga anda sukses selalu di tunggu artikel berikut nya

    ReplyDelete
  2. saya sdh instal SQL server 2005 Express di laptop win 10 64bit selesai, tapi saat masuk server name kosong, di plih browse tdk ada. saya cari SQL Server Configuration Manager tidak ketemu.
    Mohon sulosinya mas..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete