wah, lama gue gak nulis.. yah, banyak tersita waktunya.. ngurusin kerjaan sama kuliah itu something! haha, tapi keinginan buat terus sekolah gue tinggi. bukan berarti gue pengen gak lulus-lulus, tapi pengen ngelanjutin ke jenjang yang lebih tinggi lagi,abis kuliah S1 lanjut ke S2 di Universitas favorit, lanjut lagi S3 di luar negri, Keren ya gue..!! hahah..
Oke, pada kesempatan kali ini gue akan nulis tentang Artificial Intelligence. Kalian pernah barmain game online?, gue sih gak pernah, tapi katanya beberapa game online itu memakai AI a.k.a Artificial Intelligence a.k.a Kecerdasan Buatan, yang gue tau pasti adalah program pengenal huruf, jadi semisal lo pindai huruf A yang ditulis balita (kebayang bentuknya kan?) program akan bisa mengenali itu sebagai huruf A –serius, gak bohong gue!! canggih kan?
Artificial Intelligence -biasa disebut AI atau Kecerdasan Buatan, adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan, yakni kecerdasan buatan. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. contohnya adalah mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral –yep,ini susah! tapi dengan AI ini semua bisa cepat terselesaikan. Meskipun AI mempunyai konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game. nah, jadi sebenarnya sudah banyak kecerdasan buatan di sekitar kita.
AI tidak muncul begitu saja, semua ada sejarahnya..iye gak? nah, ni dia sejarahnya..
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang, Wuih, keren euii..!!
Tahun ini, dibidang transportasi udah ada mobil yang bisa berhenti sendiri kalau mau nabrak jadi semisal tanpa sadar ketiduran waktu nyetir di jalan, lo gak akan kecelakaan –tapi lebih aman jangan tidur pas nyetir! . Oke, untuk lanjutan dari artikel ini besok gue posting lagi.
Salam,
0 Response to "Apa itu Kecerdasan Buatan?"
Post a Comment