Cara mengatasi pesan “the Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine”

Hallo, saya baru saja dikasih tugas untuk membuat sebuah aplikasi pengolah nilai. Saya yang sudah lama tidak menyentuh pemrograman “Gelagapan” dengan tugas tersebut, akhirnya saya mencoba bermain lagi dengan Microsoft Access. Alasan saya memakai Ms Access karena karena program ini lebih familiar untuk tenaga kependidikan di sekolah karena antarmuka yang masih mirip dengan Excel –kolom kesayangan para guru—yang masih banyak dipakai. Saya pernah membuat aplikasi dengan Ms Access waktu saya masih kuliah, sekitar 4 tahun yang lalu. Setelah saya coba utak-atik ternyata saya benar-benar lupa bagaimana membuatnya dengan microsoft access. Akhirnya Ms Access tadi saya jadikan database saja dan saya memakai VB 2008 –nyerah,malas utak-atik..hehe..—untuk membuat aplikasinya.
 
Semuanya lancar sampai pada saat saya ingin meng-koneksikan VB 2008 dengan Ms Access, Microsoft Access saya tidak dikenali VB 2008 –FYI, saya memakai Microsoft Access 2013—dan muncul pesan “ the Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine.” pada saat saya konfigurasi data source-nya. Akhirnya saya mencari-cari informasi di internet dan ketemulah solusi dari permasalahan ini, dari yang saya tahu permasalahan ini disebabkan oleh VB 2008 yang belum mendukung koneksi dengan Ms Access 2013 sehingga diperlukan “jembatan” supaya keduanya bisa nyambung.
 
Silahkan anda unduh 2007 Office System Driver: Data Connectivity Components dari microsoft, lalu instal seperti biasa. Setelah itu silahkan coba lagi menghubungkan VB 2008 dengan Ms Access anda, it solve the problem. Semoga sharing ini bisa membantu anda. Terimakasih.

7 Responses to "Cara mengatasi pesan “the Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine”"

  1. Jazakalloh Khoir terima kasih saya jadi bisa, Aaamiin

    ReplyDelete
  2. belum bisa gan, apa ada solusi lain ?

    ReplyDelete
  3. saya menggunakan office 2016 kok ngga Bisa Ya Gan...
    mohon petunjuknya Gan...

    ReplyDelete
  4. Klo pke ms.access 2010 bs gak ka? Sdh sya cb tp gak bisa..

    ReplyDelete