Tips memilih Universitas

Ini panduan memilih Universitas versi gue TM alias TheMimikri, beberapa nyomot dari kata orang..semoga membatu..eh! membantu ding..:D
monggo diwoco dewe yo..

faktor yang dari diri sendiri..

a. Minat
Ini kalau bahasa gampangnya, niat gak buat kuliah?! karna sebagus apapun kampus yang dituju kalau gak didasari niat ya ujung-ujungnya sia-sia saja, betul? tapi hasil bakal sebaliknya kalau niat diawal sudah kuat, contoh gampangnya umpamakan universitas itu cewek (ini karna TM cowok cyin..:D ) kalau kamu gak punya feel buat cewek kamu, hubungan bakal hambar dan kemungkinan besar ga berhasil, betul? tapi kalau kamu suka dengan cewek kamu, kamu bakal berpacaran dengan bahagia..iya kan?
Jadi tentukan niat kamu pengen kuliah ato enggak..:)
b. Biaya
Ini ni yang bikin TM kuliahnya loncat-loncat dari D2 transfer ke S1, Duit atau bahasa halusnya biaya adalah "the biggest reason" yang membuat banyak orang yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah. Karena selama kuliah pastinya orang tua tersayang akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya-biaya yang menunjang pendidikanmu. Jadi jangan pernah sia-siakan kerja keras dan jerih payah orang tuamu ^^. Tapi jangan kecil hati dulu, banyak lembaga atau perorangan yang memberikan beasiswa buat mereka yang berprestasi ataupun kurang mampu. TM sih kerja sampingan buat bayar kuliah, soalnya otak pas-pasan tapi kurang miskin buat dapat beasiswa..hehe..banyak juga kok mahasiswa yang kerja paruh waktu untuk menuhin kebutuhanya. so, banyak jalan menuju Roma kan :)

faktor dari luar (Universitas)

a. Reputasi Kampus
Kebanyakan perusahaan pasti lebih memilih calon karyawan yang merupakan lulusan dari Universitas dengan reputasi baik selain itu kalau ditanya orang kamu kuliah dimana, kamu bisa dengan bangga bilang kuliah di Universitasmu itu. Dan tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri kalau menjadi alumnus kampus yang mempunyai reputasi baik, kan?

b. Prospek Masa Depan
Nilailah jurusan yang kamu pilih, apakah prospek kedepannya bagus , terserap oleh dunia kerja atau membantu kamu menjadi wiraswasta (Kalau bingung milih jurusan klik disini aja,.hehe). Perhitungkan dengan matang mulai dari sekarang. tapi jangan terlalu memaksa sama keadaan sekitar, contoh gampangnya kamu pintar dan suka di bidang seni tapi kamu milih yang lagi ngetren semisal jurusan 'jakarta-bandung' yang kamu gak punya passion di situ, ya kamu nanti gak akan menikmati pekerjaan kamu. Ingat pekerjaan kamu itu kamu lakukan setiap hari, jd pastikan kamu suka dengan pekerjaan kamu :)

c. Akreditasi
Pastikan Universitas yang kamu pilih sudah terakreditasi, status akreditasi ini menentukan kemandirian program studi dalam melaksanakan program belajar mengajar. Status akreditasi diberikan untuk program studi yang diselenggarakan. biasanya perusahaan juga akan melihat ini.

d. Fasilitas Pendidikan
Pastikan bahwa universitas yang kamu pilih memiliki fasilitas penunjang pendidikan, seperti laboratorium, ruang internet, perpustakaan dll. dan jangan lupa calon kampusmu harus ada toiletnya, ini hal paling penting!!gak lucu dong kampusnya keren tapi kebelet pup pas kuliah aja harus ke pom bensin dulu!tengsin bray..:D

e. Link atau Kerja sama
Sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang bergandeng tangan dengan Universitas untuk menjaring Sumber daya manusia yang siap pakai. Tentunya akan lebih memudahkan untuk mendapatkan kerja jika kampus yang kamu masuki memiliki kerja sama dengan perusahaan yang mungkin kamu impikan, betul?

Selain yang sudah tersebut diatas, masih banyak faktor lainnya yang bisa kamu kaji sendiri dalam memilih universitas. Sebagai sumber daya manusia yang akan menjadi penerus bangsa kita harus bisa memilih dan memilah mana yang terbaik buat kita yang gak ngrugi'in kita bahkan orang lain dan bisa menghasilkan sesuatu yang dapat membuat orang tua tersenyum..sumpah, itu sesuatu banggettt..:D
so, go ahead guys..smoga dapat kampus yang keren, bagus dan ada toiletnya..:D





0 Response to "Tips memilih Universitas"

Post a Comment